STUDI KASUS STRUKTUR ORGANISASI : OYO ROOMS

ORGANIZATIONAL STRUCTURE

    Berdasarkan pada model bisnis yang OYO tunjukkan sebagai salah satu perusahaan start up, berikut merupakan gambar dari struktur organisasi yang memadai untuk OYO di Indonesia.


Terdapat beberapa jabatan atau posisi yang dapat dijelaskan sebagai berikut ini :

A. Country Head OYO Hotels and Rooms Indonesia

Posisi Country Head menjadi salah satu jajaran eksekutif yang cukup tinggi, ialah yang bertanggung jawab atas berjalannya bisnis dan operasional pada suatu bagian regional. Country Head OYO juga akan melakukan fungsi pengawasan, pengarahan, serta evaluasi seperti pada umumnya.

B. Country Head Emerging Business

Sebagai Country Head Emerging Businesses bertanggung jawab memimpin perkembangan dan pertumbuhan lini bisnis baru di Indonesia termasuk segmen indekos, bisnis perhotelan dengan model leasing, dan kitchen. 

C. Country Stock Head

Country Stock Head akan memimpin operasional seluruh lini bisnis OYO di Indonesia, baik di bidang strategi dan operasional di berbagai sektor bisnis. 

D. Emerging Business Director

Berada di bawah Country Head Emerging Businesses, Emerging Business Director bertanggung jawab langsung atas perkembangan dan pertumbuhan lini bisnis baru di Indonesia meliputi segmen indekos dan bisnis perhotelan  bisnis. Di samping itu, Emerging Business Director juga mengembangkan strategi bisnis.  

E. Business and Development Manager

Business and Development Manager juga bertanggung jawab langsung atas Emerging Business Director. Posisi ini juga bertugas mengembangkan dan mengeksekusi strategi pertumbuhan bisnis untuk meningkatkan traksi produk atau layanan yang dimiliki.  

F. Sales and Marketing Manager

Sales and Marketing Manager bertanggung jawab untuk melakukan analisis pasar, kompetisi, dan penjualan terkait produk atau layanan yang dimiliki oleh perusahaan. Fungsi lainnya juga ialah sebagai admin yang menjadwalkan publikasi konten di media sosial, juga menjadi kanal yang menghubungkan pelanggan potensial kepada merek yang dipromosikan.

G. Director of Operational

Director of Operational bertanggung jawab atas seluruh operasional yang berlangsung sesuai dengan posisinya yang berada langsung di bawah Country Stock Head. 

H. Operational Manager

Operational Manager yang berada langsung di bawah Director of Operational, bertanggung jawab penuh atas berjalannya operasional terhadap suatu properti dalam naungan OYO Rooms and Hotels. Seluruh operasional dan pilar yang menndukung, harus tetap berada di dalam pengawasan dan kontrol Operational Manager.  

I. Director of Intellectual Property

Director of Intellectual Property yang berada langsung di bawah Country Stock Head, bertanggung jawab penuh untuk mengelola Hak Kekayaan Intelektual hasil inovasi dari tim di startup. Bisa berupa paten atau yang lain. Posisi ini juga yang menentukan spesifikasi properti tertentu untuk bekerjasama, serta melakukan kolaborasi dengan tim lain untuk proses pengembangan.  

J. Property Manager

Property Manager berada langsung di bawah Director of Intellectual Property, bertanggung jawab untuk mengelola properti serta mengeksekusi strategi spesfikasi yang telah ditentukan.

 References :

https://glints.com/id/lowongan/struktur-organisasi-perusahaan-startup/#.X7QrzGgzbIU

https://industri.kontan.co.id/news/oyo-hotels-menunjuk-dua-eksekutif-lokal

Comments